Artikel

Bahaya mengkonsumsi Narkoba

Dibaca: 0 Oleh 20 Agu 2020November 13th, 2020Tidak ada komentar
berita dan artikel 1
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Dulu paling seneng kalau udah masuk pelajaran Bimbingan Penyuluhan Narkoba di tahun 2015, dosennya seru dan yang pasti dapat banyak banget informasi yg bikin sangat-sangat terkedjoed seputar penyalahgunaan (lahgun) narkoba. Nama dosennya pak Isep, beliau sangat berpengalaman dalam penanganan narkoba dan bekerja sama dengan BNNP Jawa Barat.

 

Oh iya di akhir perkuliahan kita disuruh bikin laporan tentang narkoba. Saat itu kelompok aku kebagian ngunjungin orang-orang yg udah di rehabilitasi dan dikasih tempat tinggal serta kecakapan hidup yaitu menjual tanaman hias untuk hidup ‘normal’ kembali. Ada bapak-bapak yang dibuang keluarganya dan tak diizinkan untuk jumpa sama anaknya, itu nyesek banget dan separah itu sanksi sosial yg harus di terima.

 

Selain itu ada beberapa fakta yg mencengangkan tentang penyalahgunaan narkoba yg masih aku inget sampe sekarang,

  1. Orang yang pake narkoba ga akan pernah sembuh, ia cuma bisa pulih yg artinya rentan banget bakal ‘kembali’.
  2. Data pemakai/pengedar masuk ke fenomena ‘gunung es’ yg cuma nampak di puncaknya aja tapi kenyataannya masih banyak banget yang tidak terdata.
  3. Orang yang meninggal karena narkoba sekitar 30-40 orang SETIAP HARINYA.
  4. Dosis narkoba akan terus bertambah kalau tak terpenuhi bisa sakaw dan jika terus saja dosis ditambah akan terjadi OVERDOSIS yang mengakibatkan KEMATIAN.
  5. Menimbulkan kerusakan bio (fisik)-psikis-sosial-spiritual.

 

Sebegitu parahnya dampak yang ditimbulkan narkoba menjadikannya ancaman bagi Bangsa karena merenggut nyawa generasi penerus, masih mau main-main atau sekedar nyoba? Mending lakuin kegiatan positif lainnya ya!.

Oleh : Awaliyah Nurul

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel