Artikel

Pertolongan Pertama saat Pengaruh Narkoba

Dibaca: 0 Oleh 21 Agu 2020November 13th, 2020Tidak ada komentar
berita dan artikel 1
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Kita semua tahu NARKOBA itu sangat berbahaya jika disalahgunakan terus menerus. Tapi, mungkin kita tidak tahu apa yang ada dipikiran para oknum yang menjual narkoba secara ilegal dan pemakainya merasa damai jika memakai obat haram tersebut tanpa tahu resiko yang akan merenggut nyawanya.

Narkoba itu dibagi atas berbagai macam lho, di antaranya :

  1. Ganja
  2. Sabu
  3. Ekstasi
  4. Heroin

Naahh, ke empat jenis narkoba ini bahaya banget untuk digunakan.

Kepada semuanya… Dampak negatif menggunakan NARKOBA tidak hanya berakibat fatal bagi diri sendiri saja melainkan juga berdampak bagi orang lain dan lingkungan.

Oh iya, menurut penjelasan dari BNN yang dihimpun dari website BNN, pertolongan pertama yang dapat kita lakukan ketika menghadapi atau menyaksikan orang yang sedang dalam keadaan di bawah pengaruh dari penggunaan narkoba yaitu :

  1. Menggunakan air panas yang dimasukan ke dalam botol untuk meredakan sakit perut yang disebabkan akibat dari penggunaan narkoba sehingga pengguna narkoba dapat merasa lebih baik.
  2. Dilarang memberikan obat-obatan penghilang rasa sakit bagi orang di bawah pengaruh dari narkoba. Hal ini untuk menghindari kejadian fatal yang dapat menyebabkan kematian  karena pengguna sebelumnya telah menggunakan narkoba jenis obat yang dikonsumsi.
  3. Sediakan kamar atau ruang kepada pengguna yang nyaman dan tenang. Orang yang baru saja melewati fase ‘sakau’ merasa nyaman dan mampu berpikir jernih. Hal ini sangat membantu dalam pemulihan.
  4. Jika pengguna tidak dapat tidur, maka hendaklah menyediakan majalah, buku, radio, televisi atau sejenisnya yang dapat menjadi hiburan yang aman dan positif bagi pengguna. Agar dengan media tersebut dapat membantu pengguna tidur tanpa mengkonsumsi obat tidur.
  5. Panggil tenaga profesional, seperti petugas kesehatan. Karena pengguna sangat membutuhkan hal tersebut dan agar penanganan menjadi tepat kepada pengguna yang sedang ‘sakau’.

Ayo teman-teman kita bersama SAY NO TO NARKOBA dan SAY YES TO HEALTHY LIFE!!

Oleh : Awaliyah Nurul

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel