Skip to main content
EdukasiArtikel

Stres di Dunia Pekerjaan

Dibaca: 179 Oleh 05 Okt 2021November 1st, 2021Tidak ada komentar
Stres di Dunia Pekerjaan
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Oleh : Rhino Septian

Mahasiswa Politeknik Negeri Batam

Stress pada tempat kerja bisa memengaruhi siapa saja dan mampu dipicu oleh apa saja. Pada mumnya, stress karena bekerja kerja terjadi saat seseorang tidak bisa memenuhi tuntutan atau kebutuhan berdasarkan pekerjaannya. Terlalu banyak yang wajib  dilakukan, kurangnya waktu, kurangnya informasi dan kurangnya sumber daya untuk menyelesaikan pekerjaan. Jadi, manajemen stress merupakan suatu cara atau metode penanganan gangguan psikologis yang ditujukan untuk mengendalikan tingkat stress individu, khusus nya stres kronis. Beberapa pakar ada yang mengungkapkan bahwa manajemen stress merupakan suatu kemampuan dalam memakai sumber daya manusia secara efektif untuk mampu mengelola dan juga mengatasi gangguan dan kekacauan mental serta emosional yang terjadi sebab adanya respon atau tanggapan.

Adanya tekanan jiwa yang terjadi dalam seseorang mampu terjadi lantaran banyak sekali faktor, baik itu berdasarkan diri sendiri maupun dari luar. Penyebab stress ini secara umum terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Penyebab Stress dari Luar

Tekanan jiwa yang terdapat pada diri seseorang kerap kali terjadi sebab adanya imbas dari lingkungan. Seperti suara yang bising, suhu panas, cahaya terlalu banyak dll. Selain itu, beberapa efek dari luar yang mampu menyebabkan stress antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Peristiwa penting yang terjadi dalam hidup seseorang, seperti meninggalnya orang yang dikasihi, kehilangan pekerjaan, perceraian, putus cinta, dll.
  2. Adanya interaksi sosial, seperti perlakukan kasar dari orang lain, sikap agresif dari orang lain, intimidasi dari pihak yang lebih berkuasa, dll.
  3. Di dalam perusahaan, seperti deadline pekerjaan yang ketat, intimidasi dari pihak atasan atau rekan kerja, peraturan yang terlalu kaku, dll.
  4. Kecerobohan sendiri, seperti lupa menyimpan kunci, lupa mematikan listrik, rusaknya peralatan, dll.
  5. Penyebab Stress dari Dalam

Stress juga bisa terjadi sebab adanya dampak berdasarkan dalam diri seseorang tersebut seperti :

  1. Workaholic, yakni seseorang yang melakukan pekerjaan secara kompulsif dan sangat sering mengorbankan waktu tidur serta keluarganya sehingga mengakibatkan tekanan dalam jiwanya.
  2. Fixed Mindset, yakni mereka yang memiliki pikiran sempit dan kaku. Umumnya mereka memiliki banyak pikiran dan kaku atau tidak berpikir sama sekali secara normal.
  3. Pikiran Negatif, hal tersebut ditandai dengan adanya cara pikir yang pesimistis, berlebihan mengkritik diri sendiri dan menganalisis sesuatu secara berlebihan
  4. Gaya hidup dan juga kebiasaan buruk, seperti begadang, minum alkohol, kafein, perokok berat, boros, dll.

Umumnya, stress diungkapkan secara emosional sebagai akibatnya mampu mengganggu komunikasi yang terjadi antar manusia. Untuk itu, setiap perusahaan wajib  mempunyai taktik manajemen stress yang baik di dalam perusahaannya. Stephen P. Robbins menyebutkan terdapat 2 cara dalam mengelola stress, cara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan Pendekatan Individual

Pendekatan individual sangat dibutuhkan buat memilih keberhasilan manajemen tertekan pada pada suatu perusahaan.

  1. Melakukan Pendekatan Organisasional

Dalam hal ini, pendekatan organisasional dilakukan untuk mengelola stress pada pada perusahaan yang umumnya dilakukan dengan beberapa metode, yaitu:

  1. Membuat iklim perusahaan yang lebih mendukung
  2. Melakukan seleksi secara personil dan juga penempatan kerja yang lebih baik lagi
  3. Meminimalisir adanya kemungkinan konflik dan melakukan klarifikasi peran perusahaan.
  4. Menetapkan tujuan secara lebih realistis
  5. Membuat bimbingan konseling pada setiap karyawan
  6. Mereset pekerjaan para karyawan
  7. Dan melakukan perbaikan komunikasi dari dalam perusahaan

Berdasarkan penjelasan lengkap diatas, bisa kita simpulkan bahwa manajemen stress adalah suatu bentuk upaya mengelola hidup, emosi, pikiran serta cara menangani masalah.

Referensi :

Accurate.id. Manajemen Stress di Lingkungan Kerja: Pengertian, Tujuan, dan Cara Mengelola Stress. Diperoleh 30 Oktober 2021 dari : https://accurate.id/marketing-manajemen/manajemen-stress/

Len-telko.co.id. Bagaimana Manajemen Penanganan Stres Yang Efektif. Diperoleh 30 Oktober 2021 dari : https://www.len-telko.co.id/stres-kerja/

Itij.com. Stress testing insurers during Covid-19. Diperoleh 30 Oktober 2021 dari : https://www.itij.com/latest/news/stress-testing-insurers-during-covid-19

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel