Artikel

Narkoba dan Cara Penanggulangann

Dibaca: 2 Oleh 15 Agu 2020November 13th, 2020Tidak ada komentar
berita dan artikel 1
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika , dan Obat-obatan terlarang. Umumnya narkoba digunakan sebagai alat pemuas diri, obat tidur, alat penghilang rasa stres dan lain lain. Namun,  zat yang terkandung dalam narkoba mengandung senyawa yang menyebabkan para pengguna akan merasa kecanduan akan obat obatan tersebut .

Persebaran narkoba di dunia  yang sangat  tidak terkendali membuat seseorang   sangat mudah mendapatkan barang haram tersebut.  Diperkirakan ada lebih dari 354  jenis narkoba dan 15 diantaranya (mungkin lebih) terdapat di Indonesia  dan diduga bahwa pemasok narkoba ke Indonesia  berasal dari Afrika Barat, Irian, Eropa dan yang paling aktif adalah  dari Indocina.

Menurut  WHO ada sekitar 267 juta atau sekitar 3,6% orang di dunia positif memakai narkoba, dan di Indonesia sendiri terdapat 4 juta  jiwa  atau bahkan lebih positif menggunakan narkoba. Para pengguna sebagian besar di antaranya adalah anak – anak di bawah umur, dan sekarang  sedang berada dalam masa rehabilitasi.

Apakah narkoba dapat dihentikan? Apakah hukuman mati ampuh memberhentikan perdagangan narkoba? Faktanya, tidak. Tindakan itu tidak berhasil menekan persebaran narkoba bahkan persebaran narkoba  semakin meningkat  dan otomatis para penguna juga semakin meningkat.

Lalu upaya apa yang harus dilakukan? Hal yang paling utama untuk menciptakan generasi yang jauh dari narkoba adalah dengan menempatkan anak-anak pada lingkungan yang tepat  Menempatkan anak pada pergaulan yang baik dan pendidikan yang baik akan menjauhkan anak masuk ke dalam lingkaran pergaulan bebas

Oleh karena itu mari sama-sama menciptakan lingkungan yang sehat dan baik untuk menjaga generasi muda agar tidak masuk ke dalam lingkaran narkoba dan memiliki masa depan yang cerah pada masa yang akan datang.

 

Oleh : Sholehan

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel