Awas Pakai Headset Terlalu Lama Sebabkan Tuli Sampai Otak Rusak

Awas Pakai Headset Terlalu Lama Sebabkan Tuli Sampai Otak Rusak

October 8, 2016 // By: // Artikel // No Comment // 337 Views

Semakin lama manusia semakin dimudahkan dengan adanya teknologi. Salah satu teknologi yang sering digunakan adalah earphone atau headphone. Alat ini akan memudahkan kita untuk mendengarkan suara atau musik tanpa harus mengganggu orang lain. Meskipun demikian kita tak boleh terlena dengan kehadiran teknologi Ladies. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat menggunakannya.

Menggunakan headphone pada volume tinggi atau memakainya dalam jangka waktu yang panjang ternyata memiliki efek buruk pada kesehatan. Berikut ini adalah beberapa efek berbahaya saat kita overusing headphone.

  • Saat mendengarkan musik dengan headset maka kamu menghadapkan telinga terhadap sumber audio langsung. Karenanya jangan mendengarkan dengan volume lebih dari 90 desibel karena bisa berisiko menyebabkan komplikasi pendengaran yang serius hingga kerusakan telinga.
  • Menggunakan headset dalam jangka waktu yang cukup lama akan menghalangi saluran udara. Menghalangi udara masuk akan membuat telinga rentan terhadap infeksi. Kamu juga berpotensi mengalami Tinnitus (telinga berdengung meskipun sedang tak ada suara) yang disebabkan oleh kotoran telinga yang berlebihan yang terbentuk karena penggunaan earphone terlalu lama.
  • Saat menggunakan earphone ada baiknya untuk tak meminjamkannya pada orang lain karena bisa menyebabkan infeksi bakteri. Jika memang terpaksa meminjam atau meminjamkan jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.
  • Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan headphone atau earphone dapat menyebabkan masalah bagi otak dalam jangka panjang. Ini karena¬† telinga bagian dalam memiliki hubungan dengan otak, kerusakan atau infeksi pada bagian telinga akan mempengaruhi otak.

Nah, itu tadi adalah beberapa bahaya menggunakan headphone dalam jangka waktu lama guys. Jika tak digunakan dengan benar earphone memang bisa berbahaya untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita bisa lebih wise dalam memanfaatkan teknologi ya.

Sumber : Vemale.com

Tinggalkan Komentar