5 Tanda Keuangan Anda Tak Terarah

5 Tanda Keuangan Anda Tak Terarah

November 28, 2015 // By: // Artikel, Tips // No Comment // 597 Views

Tak ada salahnya menjalani hidup dengan prinsip YOLO – You Only Live Once – menikmati hari ini seperti tak ada hari esok. Namun jika kebablasan, hal ini juga bisa berdampak pada kondisi keuangan Anda yang berjalan tanpa arah! Ini dia tanda-tandanya.

Kehabisan Uang Sebelum Akhir Bulan
Jangan menganggap gaya hidup yang telah jadi rutinitas membuat Anda tak bisa menyisihkan uang. Selalu ada cara untuk melakukannya dear, seperti dengan mengurangi frekuensi naik taksi jarak jauh dan menggantinya dengan transportasi umum. Kontrol juga diri Anda agar menggunakan uang untuk keperluan penting saja misalnya membayar biaya sewa tempat tinggal, tagihan listrik atau kartu kredit, belanja keperluan sehari-hari, dan hindari pengeluaran lain yang kurang penting selama satu bulan. Anggap saja ini detoks keuangan.

Hangout Karena Takut Kuper
Anda selalu tak kuasa menolak ajakan ngopi atau makan di restoran bersama the girls karena takut dianggap kuper. Alhasil, Anda jadi harus menggunakan uang yang semula digunakan untuk bayar sewa apartemen. Sebenarnya, tak perlu memaksakan diri saat isi dompet sedang menipis. Anda tak perlu sepenuhnya meninggalkan kehidupan sosial kok, tapi coba cari cara yang lebih murah untuk menikmati quality time bersama mereka.

Kartu Kredit Sebagai Alat Pembayaran Utama

Banyak orang yang kini tidak membawa uang tunai di dompet dan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran utama. Sebenarnya tak jadi soal jika Anda melakukannya agar mendapat promo dan poin tambahan, asalkan Anda bisa membayar di akhir bulan. Jika tidak, segera hentikan kebiasaan ini. Untuk menyiasatinya, selalu gunakan uang tunai untuk membayar. Dengan begitu, Anda jadi harus berpikir dua kali sebelum berbelanja hal yang tidak perlu.

Tak Menabung Gaji Lima Persen

Setiap orang harus menabung setidaknya 10 hingga 15 persen dari total gaji. Jika tidak bisa, setidaknya tabung lima persen saja. Masih tak bisa menyisihkan uang? Itu tandanya keuangan Anda mulai kacau. Setiap orang harus punya tabungan dan menetapkan tujuan enam hingga sembilan bulan ke depan. Caranya, abaikan keinginan sesaat untuk kepentingan jangka panjang. Misalnya, hindari dulu makan mewah di restoran, nonton film di bioskop, ataushopping tanpa rencana. Dengan begitu, Anda jadi punya uang untuk ditabung.

Tak Ada Dana Darurat

Salah satu tujuan menabung adalah untuk menyiapkan dana darurat. Tak ada yang bisa menebak kapan musibah akan datang, kan? Itulah mengapa Anda harus punya tabungan darurat untuk mengindari penggunaan kartu kredit atau berutang dengan orang lain yang akan mempersulit kondisi keuangan. Tetapkan tujuan, misalnya enam juta dalam satu semester. Jika bisa menabung lebih, tentu akan lebih baik

sumber : cosmopolitan.co.id

Tinggalkan Komentar